Limbong,, Demaris (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK. TOBE PLUS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
02 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
03 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
04 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
05 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
06 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
07 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
09 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14 NIM 1123313005 DEMARIS LIMBONG - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
berkembang. Pada saat menyelesaikan pembelajaran anak masih belum
memiliki kberanian, anak ragu dan tidak percaya diri, pembelajaran yang masih
memfokuskan pada kemampuan anak menulis dan berhitung, kurangnya fasilitas
media pembelajaran ataupun alat bermain yang mampu menunjang perkembangan
membaca permulaan anak, anak hanya mengikuti instruksi guru dalam
melaksanakan kegiatan membaca.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 – 6 tahun. Subjek
penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 8
orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Proses penelitian ini,
dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 38,87% yang
berarti rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada kriteria cukup. Pada
siklus I pertemuan ke II diperoleh nilai rata-rata anak 41,45% yang berarti ratarata
kemampuan membaca permulaan anak pada kriteria cukup. Siklus II
pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 73,54% tergolong pada kriteria
baik. Pada siklus II pertemuan ke II, diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 81,04%
tergolong kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan membaca permulaan anak pada siklus II dari kriteria cukup menjadi
sangat baik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca
permulaan dapat meningkat melalui media kartu kata bergambar usia 5 sampai 6
tahun di TK TO BE PLUS Medan Johor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 057 |
Keywords: | Membaca; Bergambar; Media Kartu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:35 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21533 |