Banurea, Saima (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 034813 PARDOMUAN KEC.STTU JULU KAB.PAKPAK BHARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114522314030 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 114522314030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
3. NIM. 114522314030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 114522314030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 114522314030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 114522314030 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 114522314030 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 114522314030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 114522314030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13. NIM. 114522314030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 114522314030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah,” Bagaimana Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 034813 Pardomuan?”.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mererapkan
model pembelajaran Discovery untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas
IV SDN.034813 Pardomuan. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran IPA
dengan menggunakan model Discovery untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa dalam mempelajari IPA.
Data yang diperoleh melalui observasi, dokumen siswa, dan catatan guru.
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 (dua) siklus.hasil setiap
siklus dianalisis kemudian dijadikan acauan pada tindakan siklus berikutnya.
Hasil pada siklus pertama diketahui dari 22 orang siswa yang memiliki motivasi
belajar rendah terdapat 22 orang siswa (55%), yang memiliki motivasi belajar
cukup terdapat 12 orang siswa (35%), yang memiliki motivasi belajar tinggi
terdapat 2 orang siswa (5%), yang mengalami motivasi belajar sangat tinggi
terdapat 4 orang siswa (5%). Pada siklus II diketahui bahwa dari 22 orang siswa
yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat 2 orang siswa (5%), yang
memiliki motivasi belajar cukup sebanyak 3 orang siswa (7,5%), yang memiliki
motivasi belajar tinggi sebanyak 18 orang siswa (45%), yang memiliki motivasi
belajar sangat tinggi terdapat 17 orang siswa (42,5%).
Dari peningkatan ketuntasan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
Penggunaan Model Pembelajaran Discovery dalam pembelajaran IPA pada materi
pokok energi bunyi (perambatan bunyi pada zat padat, cair dan gas) dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD.Negeri 034813 Pardomuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 226 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Penemuan; IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:10 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21528 |