Boangmanalu, Hotma (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI 030413 SALAK T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114522314026 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 114522314026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. NIM. 114522314026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 114522314026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM. 114522314026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. NIM. 114522314026 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 114522314026 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 114522314026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 114522314026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 114522314026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM. 114522314026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran yang
dilakukan guru terkesan pada satu arah yaitu siswa hanya sebagai pendengar (2)
pembelajaran yang terpusat pada guru, (3) proses pembelajaran kurang melibatkan
aktifitas siswa, (4) sebagian siswa sekolah dasar kurang berminat belajar
matemtika,(5) kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang
kurang tepat terhadap materi pelajaran yang diajarkan .
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi
pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada pokok bahasan luas trapesium dan layang- layang .
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Apakah dengan penerapan
strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada luas
trapezium dan layang –layang kelas V SD Negeri 030413 Salak Tahun Ajaran
2015/2016
Jenis penelitian yag dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif, kuantitatif yaitu bertujuan untuk
mengetahui sejumlah mana hasil belajar siswa melalui penerapan strategi
pembelajaran inkuiri dikelas V SD Negeri 030413 Salak.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 28 orang di SD
Negeri 030413 Salak Tahun Ajaran 2015/2016. Motivasi belajar siswa
mengalami peningkatan setelah menggunakan penerapan strategi inkuiri . tingkat
perubahan motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa pada awal tindakan
diketahui dari 28 orang siswa terdapat 22 orang (77,54%) yang tidak lulus ,
sebanyak 6 orang siswa ( 21, 42%) yang tuntas . pada siklus I terdapat 19 orang
siswa ( 67,85%) dengan tingkat keberhasilan cukup dan siswa yang tidak tuntas
atau belum mencapai nilai 60 sejumlah 9 orang ( 32, 24%). Dan pada siklus ke II
terdapat 26 siswa (92,85%) dengan keberhasian sangat baik dan siswa yang tidak
tuntas atau yang belum mencapai nilai 60 sejumlah 2 orang atau (7,14%) .
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan strategi
inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami
materi luas trapesium dan layng – layang di SD Negeri 030413 Salak Tahun
Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 004 |
Keywords: | Matematika; Hasil Belajar;Uraian Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 01:52 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21527 |