Berutu, Arjon (2016) UPAYA MENINGKATKAN REPRENTASE BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN KUANTITAS MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SINAMO KECAMATAN TINADA KABUPATEN PAPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 114522314001 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 NIM 114522314001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
3 NIM 114522314001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4 NIM 114522314001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM 114522314001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6 NIM 114522314001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7 NIM 114522314001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8 NIM 114522314001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9 NIM 114522314001 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13 NIM 114522314001 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
14 NIM 114522314001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pemecahan masalah
yang berkaitan dengan satuan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi satuan kuantitas dan untuk meninkatkan model make a match.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sinamo di Kelas IV Semester 1 yang berjumlah 18
orang, jenis penelitian ini adaah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus,
dimana setiap siklus terdiri dari satu x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dalam observasi. Hasil
penelitian. Dalam test awal telah diperoleh nilai rata-rata 51,11 yang mana siswa mencapai nilai
tuntas sebanyal 5 orang atau 27.77 % dari jumlah keseluruhan siswa yang belum tuntas sebanyak
13 orang atau 72.22 % dari jumlah keseluruhan. Hasil pemberian pada siklus I pada siswa
diperoleh nilai rata-rata 63.33 % dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 8 orang atau
44,44 % dari jumlah keseluruhan siswa yan belum tuntas sebannyak 10 orang atau 55,55 % dari
jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 78,33 dimana 15 orang atau
78.33 % dari jumlah keseluruhan mencapai 3 atau 16,66 % belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 231 |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika;Meteri Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 01:48 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21526 |