Sinamo, Hamidah (2016) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWAKELAS IV SDN 034814 NANTIMBO T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114522314015 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 114522314015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM. 114522314015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 114522314015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 114522314015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
6. NIM. 114522314015 TABLES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM. 114522314015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM. 114522314015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. NIM. 114522314015 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
10. NIM. 114522314015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
14. NIM. 114522314015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
15. NIM. 114522314015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo yang
berjumlah 24 orang. Sumber data yang digunakan, yaitu: (1) tempat dan
peristiwa,
(2) informan, dan (3) dokumen. Tempat dan peristiwa dalam penelitian ini yakni
kegiatan pembelajaran keterampilan bercerita dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia pada siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo. Informan dalam penelitian
ini adalah guru kelas dan siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo. Dokumen yang
digunakan berupa rekaman aktivitas komunikatif pembelajaran keterampilan
bercerita, hasil tes siswa, buku pendamping pelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia, buku dongeng anak bergambar, rancangan pedoman pembelajaran
yang dibuat peneliti dan guru, silabus yang ditetapkan oleh pihak sekolah, serta
hasil angket yang diisi oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan,
yaitu: (1) teknik wawancara mendalam; (2) observasi/ pengamatan; (3) teknik tes
atau tugas; dan (4) teknik nontes berupa angket. Uji validitas yang digunakan
adalah: triangulasi metode, sumber data, dan review informan. Data yang
terkumpul dianalisis dengan teknik analisis interaktif, terdiri atas empat
komponen yang mencakup komponen pengumpulan data dan tiga komponen
kegiatan yang saling terkait satu sama lain yang meliputi reduksi data, beberan
(display) data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode kooperatif
tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IVSDN
034814 Nantimbo. Hal tersebut terefleksi sebagai berikut: (1) kualitas proses
pembelajaran keterampilan bercerita mengalami peningkatan. Hal tersebut
terlihat dari: minat dan motivasi belajar bercerita siswa meningkat, perhatian
siswa terfokus untuk mengikuti proses pembelajaran keterampilan bercerita,
siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung, (2) adanya peningkatan
kualitas hasil pembelajaran keterampilan bercerita. Hal tersebut dapat dilihat dari
nilai rerata siswa dan jumlah siswa yang berhasil mencapai standar ketuntasan
belajar yang ditentukan oleh pihak sekolah sebesar 65 yaitu: pada Pra siklus, nilai
rerata siswa sebesar 49,12; pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 50,2 dan; pada
siklus II, nilai rerata siswa sebesar 78,33 dan 20 siswa dinyatakan berhasil
mencapai standar ketuntasan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 209 |
Keywords: | Bercerita; Keterampilan; Metode Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:14 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21518 |