Tumangger, Sariani (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS V SD NEGERI KUTA ONAN DESA KABAN TENGAH KEC. SITELLU TALI URANG JEHE KAB. PAKPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 114522314019 JUDUL.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
2 NIM. 114522314019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
3 NIM. 114522314019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4 NIM. 114522314019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
5 NIM. 114522314019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6 NIM. 114522314019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM. 114522314019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM. 114522314019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9 NIM. 114522314019 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13 NIM. 114522314019 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14 NIM. 114522314019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Guru adalah subyek utama pelaku pendidikan yang sangat berpengaruh
terhadap keberhasilan suatu pendidikan. Seiring dengan tugas pokok guru yaitu
mengajar, dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah guru tidak
hanya dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran, namun dituntut untuk
mampu membimbing dan mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Oleh karena itu
guru harus mampu mengusai bahan pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa
beserta metode penyampaiannya.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kuta Onan, jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar dan pengaruhnya
terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN
Kuta Onan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kuta Onan dengan
jumlah siswa 34 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 23 perempuan.
Dari pelaksanaan yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian sebelum diberikan tindakan, nilai
rata-rata kelas adalah 54,55 dengan siswa yang tuntas belajar adalah 7 siswa dan
yang belum tuntas adalah 27 siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I nilai
rata-rata kelas meningkat menjadi 70,11 . dan pada siklus ke II nilai rata-rata kelas
semakin meningkat lagi hingga mencapai 75,53.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media
gambar dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa serta minat siswa kepada pelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 219 |
Keywords: | Media Pembelajaran; IPA; Hakekat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 06:32 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21512 |