Srinovianta (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DI DESA SIGOMPULON KEC. PAHAE JULU KAB. TAPANULI UTARA T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111090 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02 NIM 1123111090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
03 NIM 1123111090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
04 NIM 1123111090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
05 NIM 1123111090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
06 NIM 1123111090 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
06 NIM 1123111090 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07 NIM 1123111090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
08 NIM 1123111090 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
09 NIM 1123111090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13 NIM 1123111090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14 NIM 1123111090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan
mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa
Sigompulon. Hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara keterampilan mengajar kelompok kecil dengan
motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat
korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, dalam penelitian ini
peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam
penelitian ini adalah sebanyak 58 orang. Penetapan sampel dilakukan dengan
teknik simple random sampling sehingga peneliti menentukan jumlah sampel
siswa sebanyak 22 orang dan siswi sebanyak 18 orang.
Selanjutnya gambaran keterampilan mengajar kelompok kecil di Desa
Sigompulon berada dalam kategori sedang, dimana nilai rata – ratanya ialah 73,8
sedangkan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon berada dalam
kategori sedang, dimana rata – rata nilainya ialah 40,55. Adapun hasil analisis
data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung =
0,748 (termasuk dalam kategori cukup) dengan rtabel = 0,312 pada taraf
kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,748 > 0,312 atau nilai rhitung
lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar kelompok kecil
memiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui
signifikasi hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi
belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 6,98
dengan ttabel = 2.021 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian
6,98 > 2,024 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat
dikatakan signifikan. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil (X) mempunyai
kontribusi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD (Y) di Desa Sigompulon.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V
SD di Desa Sigompulon Kec. Pahae Julu Kab. Tapanuli Utara” dapat diterima.
Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar kelompok kecil maka semakin
tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PGSD 182 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar;Kelompok Kecil; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:27 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21504 |