Siahaan, Karmila Novitasari (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DI KELAS V SD NEGERI NO. 105291 SAENTIS T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122111006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 1122111006 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
3. NIM 1122111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM 1122111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM 1122111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM 1122111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 1122111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 1122111006 GRAFICS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 1122111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM 1122111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
14. NIM 1122111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
15. NIM 1122111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilanmenulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write di Kelas V SD Negeri No.105291 Saentis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri No.105291 Saentis yang berjumlah 13 orang siswa laki – laki dan 17 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk essay yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada pre test, pos test Siklus I dan Siklus II. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditentukan sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu ≥ 70 dan secara klasikal di katakan tuntas jika ≥ 80%siswa yang tuntas belajar.
Berdasarkan hasil pre test yang diberikan kepada 30 orang siswa, diperolehtingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa yang mendapat nilai terampil dengan persentase (13,33%) dan 26 orang siswa yang mendapat nilai tidak terampil dengan persentase (86,67%) dengan nilai rata-rata 49,86. Setelah dilaksanakan Siklus I siswa diberi post test Siklus I. Dari hasil post test Siklus I yang diberikan kepada 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 18 orang siswa yang mendapat nilai terampil dengan persentase (60%) dan12 orang siswa yang mendapat nilai tidak terampil dengan persentase (40%) dengan nilai rata-rata 68,2serta kompetensi guru dalam mengajar dengan nilai 75. Di akhir Siklus II siswa diberi post test Siklus II. Dari hasil post test Siklus II yang diberikan kepada 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 27 orang siswa yang mendapat nilai terampil dengan persentase (90%) dan sebanyak 3 orang siswa yang mendapat nilai tidak terampil dengan persentase (10%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (83,86)serta kompetensi guru dalam mengajar sebesar 90%. Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal (pre test) ke Siklus I sebesar 46,67% dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 30%.
Dari perolehan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Negeri 105291 Saentis Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 188 |
Keywords: | Think Talk Write;; Bahasa Indonesia; Karangan Narasi; Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21503 |