Wahyuni (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GMABAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN ISLAMIYAH JL.BUSTAMAN GG.CIK ZAHRA TA 2015[2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123113027 cover.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
2. NIM. 1123113027 Lembar Pengasahan.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 1123113027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM 1123113027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 1123113027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6.NIM 1123113027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 1123113027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 1123113027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 1123113027 BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM 1123113027 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14. NIM 1123113027 DAFTAR PUSTAKA YUNI TERBARU.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun pada taman kanak-kanak Harapan Islamiyah Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berhitung permulaan 1-10 anak usia 5-6 tahun yang diajar dengan media gambar dan media konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data dalam bentuk lembar observasi. Populasi dari penelitian ini seluruh anak usia 5-6 tahun kelompok B dengan jumlah anak sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak yang berusia 5-6 tahun yang ada dikelompok B dan ke 30 anak tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yakni 15 anak diajar dengan menggunakan media gambar dan 15 anak diajar dengan menggunakan media konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun yang diajar dengan menggnakan media gambar lebih unggul dibandingkan kemampuan berhitung permulaan anak yang diajar dengan mengggunakan media konvensional yaitu berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kedua kelompok yakni 28.4 untuk media gambar dan 14.26 untuk nilai rata-rata anak yang di ajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil uji t yang dilakuakan diperoleh nilai Ftabel > Fhitung atau 29.39911>1,70113 maka dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yakni “ada pengaruh media pembelajaran gambar terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Islamiyah Jln.Bustamam Gg.Cik Zahra T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 045 |
Keywords: | Berhitung; Media gambar; TK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21486 |