Putri, Datia Indra (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FREE METHODIST KEC MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123113005 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 1123113005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (962kB) | Preview
3. NIM 1123113005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM 1123113005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 1123113005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM 1123113005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM 1123113005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 1123113005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 1123113005 BAB-I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM 1123113005 BAB-V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 1123113005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya
kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free
Methodist T.A 2016/2017.
Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen only posttest control grup
design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang
memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan Kelas B2. Penentuan sampel
kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20
orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca
permulaan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah media flashcard.
Instrumen pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan
uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah
disediakan. Dengan taraf nyata � =0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas
diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 20,15 dengan nilai tertinggi 22 dan
nilai terendah 18, sehingga pengembangan kemampuan membaca permulaan anak
pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai ratarata
pada kelas kontrol 12,15 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 10, sehingga
pengembangan kemapuan membaca permulaan pada anak kelas kontrol memperoleh
perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa thitung (20,81) >ttabel
(1,725) pada taraf � = 0,05. dengan demikian media flashcard berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free
Methodist Kec Medan helvetia T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 049 |
Keywords: | Kemampuan Membaca; Anak 5-6 tahun;Media Plasshcad; Media gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:27 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21484 |