Simbolon, Lasni Ropanat (2016) PENGARUH MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN POLA WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN T.A. 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123113010 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1123113010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 1123113010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 1123113010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 1123113010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 1123113010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1123113010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1123113010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123113010 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
13. NIM. 1123113010 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
14. NIM. 1123113010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam kemampuan mengurutkan pola warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan mengurutkan pola warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Santa Lusia yang berjumlah 96 0rang Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan mengocok 3 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B Santa Lusia (Grahambell, Montesori dan). Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas Montesori sebagai kelas eksperimen. Pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas Grahambell sebagai kelas kontrol.. Untuk kelas ekperimen 30 orang anak dengan pembelajaran menggunakan media manipulatif, dan kelas kontrol 30 orang anak hanya menggunakan LKA dengan kegiatan mewarnai.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 31, nilai tertinggi 47 dan nilai rata-rata 39,76 yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang memiliki terendah 20, nilai tertinggi 36 dan nilai rata-rata 30,33. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mengurutkan pola warna pada anak kelas eksperimen lebih baik dibanding anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung =7,99; nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel (dk =(n1+n2)-2=58; α=0,05). Harga ttabel dengan nilai N=58 diperoleh 1,695. Sehingga diperoleh thitung> ttabel (7,99 > 1,695), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari media manipulatif terhadap kemampuan kognitif dalam mengurutkan pola warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan T.A 2015/2016”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 044 |
Keywords: | Kemampuan Kognitif; Pola Warna; Media Manipulatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:02 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21480 |