Marwan, Mifta Chandra (2016) PENGARUH KEGIATAN DRUM BANDTERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL – IHSAN JL.MENGKARANO.10 MEDAN PETISAH T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1122113006 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM.1122113006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM.1122113006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM.1122113006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM.1122113006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM.1122113006 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM.1122113006 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM.1122113006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM.1122113006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
13. NIM.1122113006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM.1122113006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bahwa kemampuan sosial anak belum berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kegiatan kemampuansosial masih bersifatbiasasehingga anak bosan ketika melakukan kegiatan. Guru kurang dalam memberikan kegiatan yang positif dan edukatif dalam kemampuan social anak di luar kelas atau pun diluar pembelajaran yang dilakukan., pembelajaran masih berpusat pada guru dan hanya sesuai dengan RPPH saja sehingga kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kemampuan sosialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan drumband terhadap kemampuan sosial anak usia 5 – 6 tahun di TK AL – IHSAN,Jl.Mengkara,No.10 Medan Petisah T.A 2015/2016 .Penelitian ini dilakukan dilembagaTK AL – IHSAN kelompok B sebagai kelas sebelum diberi perakuan (O1)dan sebagai kelas sesudah diberikan perlakuan (O2).Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Designs, dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Design.Variabel bebas adalah kegiatan drumband sedangkan variabel terikat adalah kemampuansosial. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis denganuji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai sebelum perlakuan (O1) 1,92 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 4, sehingga kemampuan sosial anak sebelum diberi perlakuan memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada sesudah diberikan perlakuan (O2) adalah 2,38 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kegiatan drumband terhadap kemampuan sosial anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,852>1,729 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian kegiatan drumband memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan sosial anak sesudah diberi perlakuanyang melakukan dua kali seminggu latihan dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuanyang hanya satu kali seminggu latihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 056 |
Keywords: | Kemampuan Sosial; Drum band; Perkembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 06:58 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21479 |