Raniyah, Qaulan (2016) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK SALSA T.A. 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123113018 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 1123113018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 1123113018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1123113018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 1123113018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 1123113018 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1123113018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1123113018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1123113018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
13. NIM. 1123113018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 1123113018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap
kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini kelompok B Tk Salsa T.A
2015/2016. Penelitian ini dilakukan dilembaga Tk Salsa kelompok B3 sebagai kelas
eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secara random
dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 33 anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test
only control design. Variabel bebas adalah media audiovisual sedangkan variabel
terikat adalah kemampuan berhitung permulaan. Instrumen pengumpulan data
adalah lembar pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji
hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α =
0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 2,75 dengan nilai tertinggi 24 dan nilai terendah 17, dengan rincian 25
anak mendapatkan skor Baik Sekali (75,76%) dan 8 anak mendapatkan skor Baik
(24,24 %) sehingga kemampuan berhitung permulaan anak pada kelas eksperimen
memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas
control 1,83 dengan nilai tertinggi 18 dan nilai terendah 11 dengan rincian 27 anak
mendapat skor Baik (78,79 %) dan 6 anak mendapat skor Cukup (21,21 %). .
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran
menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
kemampuan berhitung permulaan anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung
> ttabel yaitu 12,24 >1,671 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan media audivisual memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini kelompok
B di TK Salsa T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 026 |
Keywords: | Berhitung; Permulaan; Audio Visual; Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 06:20 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21472 |