Siburian, Lestari Elisabet (2016) PENGARUH KEGIATAN BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN PERJUANGAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 112211011 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 1122113011 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM 1122113011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 1122113011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM 122113011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM 1122113011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM 1122113011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM 1122113011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM 1122113011 BAB I.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
13. NIM 1122113011 BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM 1122113011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak 4-5 tahun masih kurang optimal khususnya dalam penguasaan kosakata. Oleh karena itu perlu menggunakan kegaiatan yang tepat, salah satunya adalah kegiatan bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi terhadap penguasaan kosakata anak usia 4-5 tahun Di Tk Santa Lusia Medan Perjuangan T.A 2015/2016.
Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok A yang ada di TK Santa Lusia yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara undian yang dimaksud adalah dengan mengocok 38 gulungan kertas nama anak, kemudian nama yang keluar pertama adalah kelas eksperimen (kelas A2), nama yang keluar selanjutnya adalah kelas control (kelas A1) dan seterusnya bergantian. Untuk kelas ekperimen (kelas A2) 19 orang anak dengan pembelajaran menggunakan kegiatan bernyanyi, dan kelas kontrol (kelas A1) 19 orang anak menggunakan kegiatan bercerita. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara menggunakan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas memiliki nilai terendah 14, nilai tertinggi 18 dan nilai rata-rata 16,15 yang lebih tinggi dibanding dengan kelas control yang memiliki terendah 10, nilai tertinggi 14 dan nilai rata-rata 11,84. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata anak kelas eksperimen lebih baik dibanding anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung =10,56; nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel (dk =(n1+n2)-2=36; α=0,05). Harga ttabel dengan nilai N=36 diperoleh 1,7048. Sehingga diperoleh thitung> ttabel (10,56 > 1,704), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan bernyanyi terhadap penguasaan kosakata anak usia 4-5 tahun di TK Santa Lusia Medan Perjuangan T.A 2015/2016”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 040 |
Keywords: | Kosakata; Kegiatan Bernyanyi; Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 04:22 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21464 |