Sari, Ade Kurnia (2016) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL GERAK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 06 CABANG MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
03 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
04 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
04 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
05 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
06 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14 NIM 1121113001 ADE KURNIA SARI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah kemampuan bercerita
anak belum berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan dalam proses
pembelajaran yang guru gunakan masih berpatokkan pada buku paket saja,
sehingga dapat berdampak pada terhambatnya kemampuan berkomunikasi
khususnya dalam perkembangan bercerita pada anak seperti rendahnya
perbendaharaan kata. Karena kurangnya guru dalam menggunakan media
pembelajaran yang bervariasi seperti penggunaan media pembelajaran media
audio visual yang dimana media audio visual cukup banyak memberikan
motivasi dalam kemampuan bercerita anak yang baik, karena mampu
mengaktifkan kedua indera yaitu pendengaran dan penglihatan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan bercerita anak di
kelompok B di TK Aba 06 Cabang Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian post test only control design.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap
kemampuan bercerita anak di kelompok B di TK Aba 06 Cabang
Medan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang
memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan
sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas
sebanyak 20 anak.Variabel bebas adalah penggunaan media audio visual
sedangkan variabel terikat adalah kemampuan bercerita anak. Intrumen
pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data mengunakan uji-t.
Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah
disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas
diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 10,05 dengan nilai tertinggi 12
dan nilai terendah 8, sehingga pengembangan kemampuan bercerita anak pada
kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai ratarata
pada kelas kontrol 7,05 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5,
sehingga pengembangan kemampuan bercerita anak pada kelas kontrol
memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran
menggunakan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap
pengembangan kemampuan bercerita anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh
t hitung > t tabel, yaitu 8,62 > 1,72 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian
penggunaan media audio visual berperngaruh secara signifikan terhadap
pengembangan kemampuan bercerita anak Kelompok B di TK Aba 06 Cabang
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 035 |
Keywords: | Media Audio Visual;Usia 5-6 Tahun; Becerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 03:47 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21459 |