Manik, Mariman Juhastus (2016) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL PENGASUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PANTI ASUHAN USIA REMAJA DI PANTI ASUHAN AL- WASHLIYAH GEDUNG JOHOR MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113371012 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1113371012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. Nim. 11113371012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 1113371012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM. 1113371012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1113371012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 1113371012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1113371012 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 1113371012 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 1113371012 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14. NIM. 1113371012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Rendahnya motivasi belajar anak panti asuhan. Dilihat dari beberapa anak yang tampak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, 2. Kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Seharusnya orang tua memberikan motivasi dan dukungan serta membimbing anak dalam proses anak. Terlihat adanya pengaruh antara dukungan sosial pengasuh terhadap motivasi belajar anak dan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, 4. Kurangnya fasilitas pembelajaran anak di panti asuhan, pengasuh hendaknya menyediakan fasilitas belajar yang memadai, memberikan motivasi dan dukungan, serta membimbing anak dalam proses belajar.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motivasi belajar yang dikemukakan oleh Hamzah B.Uno (2013), motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 40 orang yang bertempat tinggal di panti asuhan Al- Washliyah Gedung Johor Medan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan teknik analisis datanya menggunakan Y= a+ bx.
Hasil penelitian yang diperoleh terhadap dukungan sosial mencapai 48%, terhadap motivasi belajar anak mencapai 46%. Jadi dari data keseluruhan 0,572% pengaruh dukungan sosial pengasuh terhadap motivasi belajar anak panti asuhan adalah kategori cukup baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 057 |
Keywords: | Dukungan Sosial; Motivasi; Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 03:47 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21416 |