KONSEPSI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Emosda (2008) KONSEPSI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Jurnal Tabularasa, 5 (2). pp. 231-246. ISSN 1693-7732

[thumbnail of TABULARASA VOL 05 NO 2 DES 2008Emosda.pdf]
Preview
Text
TABULARASA VOL 05 NO 2 DES 2008Emosda.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakteristik utama suat kurikulum adalah dinamis dan berupaya mengadaptasikan kebutuhan masyarakat ke dalam acuan norma pelaksanaan pendidikan jalur sekolah. Begitu juga sumber-sumber dalam pengembangan kurikulum yang mencakup tiga unsur dasar, yaitu dinamika dan pertumbuhan masyarakat serta sosial budaya, perkembangan ilmu pengetahuan, dan tuntutan serta kebutuhan teknologi dan industri. Oleh karena itu, sifat dinamis suatu kurikulum merupakan kewajaran dalam penyelenggaraan pendidikan. Sebagaimana, penyempurnaan kurikulum 2004 yaitu kurikulum berbasis kompetensi kekurikulum tingkat satuan pendidikan. Akan tetapi, perbaikan kurikulum yang mana pun tetap mengacu pada struktur baku suatu kurikulum yang dilahirkan pada tahun 1949 oleh Ralp Tyler yang terdiri atas tujuan, organisasi isi, proses belajar mengajar, evaluasi hasil belajar. Struktur ini sudah menjadi kesepakatan para ahli kurikulum menjadi struktur umum dalam ilmu kurikulum, sehingga berlaku secara universal.

Item Type: Article
Keywords: Pengembangan; Kurikulum; KTSP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Mar 2016 09:38
Last Modified: 29 Mar 2016 09:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item