Hasan, Anggia Rizki (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1123151005 Cover.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
NIM 1123151005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
NIM 1123151005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM 1123151005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
NIM 1123151005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
NIM 1123151005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 1123151005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 1123151005 JURNAL.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
NIM 1123151005 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
NIM 1123151005 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
NIM 1123151005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah Pengaruh Bimbingan
Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMP PAB 2
Helvetia Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dalam
mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan
Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan
post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki
perilaku agresif tinggi, yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data
penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket
perilaku agresif, yang sebanyak 35 butir pernyataan angket perilaku agresif
terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan
angket yang valid dan reliabel. Dan menjadi 25 butir pernyataan angket perilaku
agresif sebagai pengumpul data.
Dari hasil analisis diperoleh data pre-test perilaku agresif siswa rata-rata =
63,7 termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDx) = 66,2, sedangkan hasil
analisis data post-test rata-rata = 45,8, termasuk kategori rendah dan Standart
Deviasi (SDY) = 47,9. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J)
diperoleh hasilJhitung = 0 sedangkan hargaJtabel= 14. Oleh karena ituJ(0) < J0,05 (14)
dan diperkuat dengan H0 ditolak apabila ZHitung< Z Tabel. Karena nilaiZHitung= -
3,061 dan itu lebih kecil dari nilai ZTabel = -1,96. Maka H0 ditolak HI di terima,
sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok
terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII di SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Ajaran 2016/2017 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini terlihat dari JHitung<JTabel (0 < 14)
atau Z <Zα/2(-3,061< -1,96). Atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 090 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok ;Perilaku Agresif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Nov 2016 03:35 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21394 |