Lumbantoruan, Vera Henny (2016) MENINGKATKAN DISIPLIN SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-10 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113151043 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 1113151043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 1113151043 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM 1113151043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 1113151043 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 1113151043 TABLES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM 1113151043 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM 1113151043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
12. NIM 1113151043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
13. NIM 1113151043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan memberikan
layanan bimbingan kelompok dapat Meningkatkan Disiplin Sekolah Melalui
Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 1
Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk
Meningkatkan Disiplin Sekolah Melalui Pemberian Layanan Bimbingan
Kelompok Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A
2015/2016.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain PTBK
(Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan dua siklus, yaitu siklus I dan
siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan
evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tekhnik wawancara, angket dan
observasi. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X-10 yang berjumlah 30
orang. Kemudian melalui instrument ditentukan subjek dari penelitian ini adalah
10 orang siswa. 7 orang siswa yang memiliki disiplin sekolah yang rendah,3 orang
siswa memiliki disiplin yang tinggi, sehingga didapat 10 orang siswa yang
menjadi subjek penelitian. Analisa data digunakan dengan tekhnik deskriptif
kualitatif dan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disiplin sekolah siswa sebelum
dan sesudah pemberian layanan. Subjek penelitian yang awalnya 7 orang siswa
yang memiliki disiplin sekolah yang rendah, 3 orang siswa memiliki disiplin yang
tinggi setelah diberikan layanan siswa menjadi memiliki disiplin sekolah yang
meningkat di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis
yang diajukan dapat diterima yaitu dengan melaksanakan layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan disiplin sekolah melalui Pemberian layanan
bimbingan kelompok pada siswa kelas X-10 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 074 |
Keywords: | Bimbingan kelompok; Disiplin sekolah;Layanan Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:22 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21370 |