Zulpadly (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SE-KABUPATEN ROKAN HILIR. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146174047 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
02. NIM. 8146174047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
03. NIM. 8146174047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
04. NIM. 8146174047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
05. NIM. 8146174047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. NIM. 8146174047 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 8146174047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
08. NIM. 8146174047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
09. NIM. 8146174047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
013. NIM. 8146174047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
014. NIM. 8146174047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kesulitan belajar siswa pada materi Bioteknologi di lihat dari level kognisi; (2) indikator pada materi Bioteknologi yang sulit dipahami oleh siswa Kelas XII SMA Se-Kabupeten Rokan Hilir; (3) faktor eksternal dan internal yang dominan menjadi penyebab kesulitan belajar Bioteknologi; (4) kesulitan belajar Bioteknologi berdasarkan akreditasi sekolah; (5) perbedaan kesulitan belajar Bioteknologi antara sekolah di kota dan di pinggiran. Penelitian ini bersifat deskriptif kwantitatif. Populasi dari penelitian ini siswa kelas XII jurusan IPA dari SMA Negeri se- Kabupaten Rokan hilir yang terdiri dari 11 SMA, yaitu SMAN 2 Pujud, SMAN 5 Tanah Putih, SMAN 4 Tanah Putih, SMAN 1 Kubu, SMA 2 Bangko Pusako, SMAN 2 B Sinembah, SMAN 1 R Melintang, SMAN 1 Tj. Melawan, SMAN B. Pusako, SMAN 4 Bangko Pusako, SMAN 1 Bangko, dan SMAN 1 B. Hampar. Total sampel adalah sebanyak 644 orang siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes pilihan berganda untuk penguasaan materi Bioteknologi, dan angket. Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif menggunakan persentase dan uji t. Hasil penelitian menggunakan tes penguasaan materi Bioteknologi menunjukkan bahwa hanya 70 siswa yang tuntas (10,87%) dari 644 siswa. Terdapat sebanyak 574 siswa tidak tuntas (89,13%). Berdasarkan indikator pembelajaran, diketahui bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar terbesar terdapat pada indikator Menjelaskan proses rekayasa genetika 67,44%, Menjelaskan proses Kultur jaringan 63,44%, Menjelaskan proses rekombinasi gen 63,07 dan Menjelaskan Dampak penggunaan rekayasa genetika 63,17%. Ditinjau dari aspek kognitif, diketahui bahwa kesulitan belajar terbesar terdapat pada level C5 dengan persentase sebesar 59,90% diikuti oleh C4 sebesar 59.41%, C6 sebesar 56.07%, C3 sebesar 53.03%, C2 sebesar 53.02% dan diakhiri oleh level C1 sebesar 50.24%. Faktor internal penyebab kesulitan belajar pada materi bioteknologi rata-rata berada pada kategori sedang yaitu minat belajar siswa 57.20%, motivasi belajar 59.05% dan bakat 56.30%. Sedangkan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar pada materi bioteknologi berada pada kategori sedang yaitu peranan guru sebesar 59.59% dan sarana 47.13%. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata persentase kesulitan belajar siswa yang berada di pusat kota sebesar 50,06% dan di pinggiran kota sebesar 60,05%. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesulitan belajar Bioteknologi yang signifikan di antara sekolah yang berada di kota dan pinggiran dengan nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Selanjutnya berdasarkan Akreditasi sekolah diketahui bahwa rata-rata kesulitan belajar siswa di sekolah akreditasi A sebesar 51,04% sedangkan akreditasi B sebesar 60,87%. Dari hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi antara sekolah akreditasi A dengan sekolah akreditasi B dengan nilai signifikan 0,027 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Zul a |
Keywords: | Kesulitan belajar siswa; Bioteknologi; Indikator belajar; Rumah kognitif; Faktor-faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 02:31 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21361 |