Batubara, Melvariani Syari (2016) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH KULTUR JARINGAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146174026 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8146174026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM 8146174026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8146174026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 8146174026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 8146174026 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8146174026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8146174026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8146174026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM 8146174026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 8146174026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg dan Gall melalui 10 tahapan yaitu: (1) Pengumpulan data penelitian berupa nilai hasil belajar mahasiswa mata kuliah kultur jaringan, observasi, dan wawancara kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan dan dosen pengampu mata kuliah kultur jaringan, (2) Perencanaan berupa membuat sintak pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan membuat skenario setiap materi kultur jaringan, (3) Pengembangan produk awal berupa video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah, (4) Uji coba lapangan awal berupa uji dan validasi ahli materi kultur jaringan, ahli desain video pembelajaran, dan ahli pembelajaran berbasis masalah (PBL) serta uji coba teman sejawat dosen, (5) Revisi hasil uji coba lapangan awal, (6) Uji coba lapangan produk utama berupa uji perorangan dan kelompok kecil oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan, (7) Revisi produk uji coba lapangan utama, (8) Uji coba lapangan skala luas berupa uji coba lapangan terbatas oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan, (9) Revisi produk final hasil uji coba lapangan skala luas, dan (10) Desiminasi dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penilaian terhadap video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah yang telah dikembangkan dinilai “layak” digunakan dengan persentase rata-rata skor 84% oleh ahli materi kultur jaringan, 80% oleh ahli desain video pembelajaran, dan 85% oleh ahli pembelajaran berbasis masalah (PBL) serta 76,7% oleh teman sejawat dosen. Hasil tanggapan mahasiswa dinilai “layak” digunakan, melalui uji coba perorangan dengan persentase rata-rata skor75,6%, uji coba kelompok kecil 73,8%, dan uji coba lapangan terbatas 82%. Produk video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah dikategorikan “layak” digunakan pada perkuliahan kultur jaringan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.207 11 Bat p |
Keywords: | Video pembelajaran; Kultur jaringan; Pembelajaran berbasis masalah (PBL); Video pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 02:41 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21316 |