Wati, Sri (2016) ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 1 KUALA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311080 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 2123311080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM. 2123311080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2123311080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 2123311080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 2123311080 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2123311080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2123311080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2123311080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM. 2123311080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 2123311080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian naskah soal ujian akhir sekolah Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kuala dengan kurikulum dan mendeskripsikan tingkat kesulitan soal ujian akhir sekolah bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kuala. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi.
Teknik analisis data untuk kesesuaian naskah soal dengan kurikulum dilakukan dengan menyesuaikan tiap butir soal dengan kurikulum (standar isi dan standar kompetensi lulusan), serta membuat persentase kesesuaiannya butir soal dengan kurikulum tersebut. Teknik analisis tingkat kesulitan soal ujian akhir sekolah dilakukan dengan menganalisis soal berdasarkan kriteria soal (Taksonomi Bloom), selanjutnya menghitung persentase dari tiap tingkatan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal ujian akhir sekolah bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kuala dinyatakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku disekolah tersebut (KTSP) dengan rincian; kesesuaian naskah soal dengan standar isi 100% dan kesesuaian soal dengan standar kompetensi lulusan sebanyak 90%. Dari segi tingkat kesulitan analisis data menunjukkan bahwa tingkat kesulitan soal memiliki tingkat kesulitan baik dengan proporsi 3-4-3, yakni soal mudah sejumlah 30,6 %, sedang 38,8 % dan sukar 30,6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 179 |
Keywords: | Ujian Akhir Sekolah; Kurikulum; Tingkat Kesulitan Soal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 03:19 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21145 |