Nasution, Lestarida (2016) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS MOVIE MAKER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP SWASTA KARYA BAKTI KECAMATAN SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2122111012 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. NIM 2122111012 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
3. NIM 2122111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM 2122111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 2122111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM 2122111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM 2122111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 2122111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 2122111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
12. NIM 2122111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM 2122111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio
visual berbasis movie maker terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas
VII SMP Swasta Karya Bakti Kecamatan Selesai tahun pembelajaran
2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 109 siswa. Dari 109 siswa,
ditetapkan 31 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi sebelum menggunakan
media audio visual berbasis movie maker masuk dalam kategori cukup dengan
nilai rata-rata 64,51 sedangkan setelah diadakan perlakuan dengan menggunakan
media termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,06 Selanjutnya
pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 5,75 > 2,04. pada taraf
signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media audio visual berbasis
movie maker berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan kemampuan menulis
puisi siswa kelas VII SMP Swasta Karya Bakti Kecamatan Selesai tahun
pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 172 |
Keywords: | Audio visual;Movie maker;Menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 03:10 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21143 |