Masitoh (2016) PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII MTS. MIFTAHUSSALAM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.2122111014COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM.2122111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM.2122111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM.2122111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM.212211014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM.212211014 TABLE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM.212211014 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
12. NIM.212211014 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
13. NIM.212211014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Miftahussalam Medan pada tahun pembelajaran
2015/2016. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model reflektif terhadap
kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VII MTs. Miftahussalam Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII MTs.
Miftahussalam Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. yang terdiri dari tiga kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 97 siswa. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa dari populasi yang
ditentukan atas dasar pertimbangan peneliti saja, bukan dengan acak melainkan unsur
kesengajaan. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model reflektif. Dari pengolahan data
diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 69,66 standar deviasi 8,35, dengan jumlah siswa
yang memiliki nilai di bawah KKM (75) sebanyak 29 orang. Sedangkan hasil post-test
diperoleh rata-rata 78, standar deviasi 9,82, dengan jumlah siswa yang memiliki nilai di
bawah KKM (75) sebanyak 13 orang. Berdasarkan uji asumsi klasik data memenuhi data
normalitas dan homogenitas maka diperoleh data penelitian ini normal dan sampel penelitian
ini berasal dari populasi yang homogen yaitu dengan perhitungan Fhitung < Ftabel yakni 1,38 <
1,84. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh data to sebesar 7,673 dan ttabel pada taraf signifikan
5% dengan derajat kebebasan (dk) = d – 1, dk= 30 – 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5%
sebesar 2,04 karena to lebih besar dari ttabel yaitu 7,673 > 2,04, maka hipotesis alternatif (Ha)
diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model reflektif terhadap
kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VII MTs. Miftahussalam Tahun Pembelajaran
2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 196 |
Keywords: | Model Reflektif;Menulis;Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 01:46 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21128 |