PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENJADI TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Pasaribu, Pestaria (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENJADI TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.-NIM.-2112111012-COVER.pdf]
Preview
Text
1.-NIM.-2112111012-COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2.-NIM.-2112111012-APPROVAL-SHEET.pdf]
Preview
Text
2.-NIM.-2112111012-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.-NIM.-2112111012-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.-NIM.-2112111012-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4.-NIM.-2112111012.-PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.-NIM.-2112111012.-PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5.-NIM.-2112111012.-TABLE-OF-CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.-NIM.-2112111012.-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6.-NIM.-2112111012.-TABLES.pdf]
Preview
Text
6.-NIM.-2112111012.-TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 7.-NIM.-2112111012.-APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7.-NIM.-2112111012.-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8.-NIM.-2112111012.-CHAPTER-1.pdf]
Preview
Text
8.-NIM.-2112111012.-CHAPTER-1.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 12.-NIM.-2112111012.-CHAPTER-V.pdf]
Preview
Text
12.-NIM.-2112111012.-CHAPTER-V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 13.-NIM.-2112111012.-BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13.-NIM.-2112111012.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis
masalah terhadap kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks
drama oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 11 kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 462 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel
sebanyak 39 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan model one-group pre-test posttest design. Instrumen
yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay (tertulis). Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan
kemampuan siswa dalam mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks
drama dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah termasuk
kategori baik dengan rata-rata 76,66, sedangkan kemampuan siswa dalam
mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama sebelum menerapkan
model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori kurang dengan
nilai rata-rata 52, 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata
mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama dengan menerapkan
model pembelajaran berbasis masalah setelah perlakuan lebih tinggi daripada
sebelum perlakuan . Pengujian hipotesis thitung = 6,09 kemudian dikonsultasikan
dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99. Karena thitung = 6,09> ttabel = 1,99
maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model
pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan mengonversi
teks prosedur kompleks menjadi teks drama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 173
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah;Mengonversi teks; Teks drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 00:58
Last Modified: 04 Nov 2016 00:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item
View Item