Naibaho, Andry Novita Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311005 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 2123311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM 2123311005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 2123311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 2123311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM 2123311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 2123311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 2123311005 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
12. NIM 2123311005 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM 2123311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa
kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian
ini adalah kelas X SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 360 orang. Dari populasi
ini diambil sampel dengan pengambilan random sampling, dan diperoleh sampel
yaitu kelas X MIA-1 yang terdiri dari 40 orang. Metode penelitian yang
digunakan adalah model desain penelitian eksperimen one group pre-test post-test
design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.
Penggunaan model pembelajaran peta pikiran mampu meningkatkan kualitas
pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Adanya perubahan
positif dari siswa menjadikan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi
lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran menulis teks laporan hasil
observasi menggunakan model pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan
hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari
distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis
teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran peta
pikiran (pre-test) berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 63,87
dan kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran peta pikiran
(post-test) berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 75,25.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 168 |
Keywords: | Model pembelajaran peta pikiran;Menulis teks;Hasil observasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 00:54 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 00:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21121 |