Hutasoit, Marta (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIGUMPAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311048 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 2123311048 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
3. NIM. 2123311048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 2123311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 2123311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 2123311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 2123311048 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 2123311048 TABLES OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 2123311048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
12. NIM. 2123311048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM. 2123311048 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap menulis berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Sigumpar Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigumpar yang terdiri atas lima kelas
yang masing-masing berjumlah 30 orang dengan jumlah keseluruhan 150 orang dan
yang menjadi sampel penelitian sebanyak 30 orang yaitu kelas VIII-A. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara teknik acak (random sampling).
Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan tes non objektif yang
terdiri atas 1 soal uraian yang diuji cobakan pada kelas sampel VIII-A untuk
mengetahui normalitas, homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel
berasal dari populasi yang memiliki varians yang normal dan berdistribusi homogen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas
eksperimen adalah sebesar 64,33 dengan standar deviasi 10,429 dan nilai rata-rata
Selanjutnya diberi perlakuan yang berbeda dan di akhir pembelajaran diberikan
postes. Dari hasil postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,33
dengan standar deviasi 12,228 Hasil uji statistik (uji t) diperoleh harga thitung = 2,994
dan ttabel = 0,170 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 30, maka thitung > ttabel (2,994
> 0,170) hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan
Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Sigumpar Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 191 |
Keywords: | Model pembelajaran picture and picture;Media gambar;Kemampuan menulis berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 08:27 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21114 |