Pohan, Heni Muliani (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA DASAR II TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN (UMTS). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146142012 COVER.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2. NIM. 8146142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 8146142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8146142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 8146142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 8146142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8146142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 8146142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8146142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM 8146142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8146142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis penuntun praktikum kimia dasar II di UMTS, (2) mengembangkan penuntun praktikum kimia dasar II terintegrasi PBL yang sesuai dengan silabus kimia dasar II di UMTS, (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penuntun praktikum kimia dasar II terintegrasi PBL terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia semester IV Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) sebanyak 14 orang. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi ke lapangan untuk menganalisis penuntun praktikum kimia dasar II UMTS. Setelah peneliti menyusun penuntun praktikum kimia dasar II terintegrasi Problem Based Learning (PBL) divalidasi oleh 4 orang dosen yang ahli di bidangnya lalu direvisi kemudian seterusnya diuji cobakan ke mahasiswa. Berdasarkan tabulasi diperoleh hasil uji kelayakan isi penuntun praktikum kimia dasar II terintegrasi PBL memiliki rata-rata sebesar 3,88 yaitu layak digunakan dan hasil uji kelayakan aspek bahasa penuntun praktikum terintegrasi PBL memiliki rata-rata 3,75 yang artinya layak digunakan. Hasil penilaianafektif mahasiswa dalam melakukan praktikum menggunakan penuntun praktikum kimia dasar II terintegrasi PBL yaitu sebesar 2,05 yaitu nilai afektif mahasiswa sudah baik dan penilaian psikomotorik diperoleh rata-rata sebesar 2,36 juga kategori baik. Untuk menilai hasil kognitif mahasiswa dilakukan uji pemahaman tes berupa pretes dan postes dengan nilai pretes yaitu sebesar 69,29 dan nilai postes 83,57 sehingga diperoleh nilai gain sebesar 0,46 yaitu efektifitas penuntun praktikum kimia dasar II terintegrasi PBL kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 1 Poh p |
Keywords: | Pengembangan penuntut praktikum kimia dasar II; Model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21111 |