Aritonang, Sofian (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK PENGAJARAN KIMIA SMA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136142019 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8136142019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
3. NIM. 8136142019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 8136142019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 8136142019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8136142019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 8136142019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8136142019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8136142019 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 8136142019 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM. 8136142019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia interaktif berbasis web dan juga untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan bahan ajar kimia SMA Kelas XI yang telah beredar dalam bentuk Web dan buku pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia sesuai dengan standar isi. (2) pendapat siswa terhadap bahan ajar kimia SMA Kelas XI Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Interaktif berbasis Web yang telah disusun;(3) pengaruh bahan ajar kimia SMA Kelas XI Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Interaktif berbasis Web yang telah disusun terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan Kesetimbangan Kimia. Adapun,sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan, 2 orang dosen kimia umum dan dosen media Universitas Negeri Medan, dan 80 orang siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Bahan ajar Kesetimbangan Kimia yang terdapat dalam bahan ajar Web A dan Web B sudah baik namun masih belum sesuai dengan tuntutan kurikulum artinya sebagian isi bahan ajar perlu direvisi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan pada bahan ajar tersebut.(2) Berdasarkan tanggapan siswa, Bahan Ajar Kimia Inovatif dan Interaktif berbasis web yang telah dikembangkan dapat diakses di pianrajagukgukkimia.com dan sudah memiliki tingkat kelayakan 3,97 sehingga valid untuk digunakan sebagai sumber belajar. (3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan Bahan Ajar Kimia Interaktif berbasis web yang telah dikembangkan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan web yang telah dikembangkan pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas eksperimen (70,00 %) lebih tinggi di bandingkan hasil belajar (gain) siswa kelas kontrol (54,00%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Ari p |
Keywords: | Bahan ajar kimia interaktif; Web; Penelitian dan pengembangan; Keseimbangan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 07:00 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21107 |