Purba, Winda Fitriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113311075 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 2113311075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
3. NIM. 2113311075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 2113311075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 2113311075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 2113311075 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2113311075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2113311075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 2113311075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM. 2113311075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 2113311075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan model
SAVI terhadap kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 39
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test dan post-test
design. Populasi dalam penelitian berjumlah 237 siswa kelas VII Negeri 39
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
40 orang siswa yang ditempatkan dalam 1 kelas eksperimen (one group pre and
pos tests). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji "t" dengan
rumus
Mx My
x y
SE
M M
t
0
Setelah t0 diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
5% maupun 1% dengan df = N-1 = 39. Pada tabel t dengan df= 39 diperoleh 5% =
2,02. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 4,58 > 2,02 maka hipotesis
diterima. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis dongeng dengan
mengaplikasikan model SAVI menunjukkan adanya pengaruh yang positif dimana
ada dua kategori keadaan siswa berdasarkan nilai tes menulis dongeng, yaitu
kategori sangat baik sebanyak 34 siswa atau 85% dan kategori baik sebanyak 6
siswa atau 15%. Identifikasi hasil pos-tes tersebut termasuk dalam kategori sangat
baik. Penelitan ini membuktikan bahwa kemampuan menulis dongeng dengan
mengaplikasikan model SAVI memberikan pengaruhyang positif dimana hasil
perhitungan menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan menulis
dongeng dengan mengaplikasikan model SAVI adalah 66,63%, sedangkan sisanya
33,374% berasal dari faktor lain seperti saranan dan prasaran sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 161 |
Keywords: | Model Pembelajaran SAVI; Menulis; Dongeng |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21099 |