Tarigan,, Ernawati (2016) KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DONGENG OLEH SISWA KELAS VII SMP DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 209311051 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM. 209311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM. 209311051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 209311051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM. 209311051 TABLES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM. 209311051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 209311051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
12. NIM. 209311051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM. 209311051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan Media
Animasi terhadap keterampilan menulis kembali dongengoleh siswa kelas VII
SMP Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Medan sebanyak
114 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 56 siswa kelas VII SMP
Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Sampel pengambilan yang dilakukan dengan teknik randomsampling.
Selanjutnya sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 28 siswa untuk kelompok
eksperimen dan 28 siswa untuk kelompok kontrol.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis
kembali dongeng dengan menggunakan media Animasi, kemampuan menulis
kembali deongen dengan menggunakan media ekspositori, dan untuk mengetahui
seberapa besar kontribusi penggunaan media animasi dibandingkan dengan
menggunakan media ekspositori dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis
kembali dongeng.
Media Animasi lebih berkontribusi digunakan dalam meningkatkan
keterampilan siswa menulis kembali dongeng. Hal ini terbukti dari hasil uji t
diperoleh t hitung < ttabel yakni 1,71 < 2,01. Untuk itu perlunya guru bidang studi
bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis
kembali dongeng dengan menerapkan media Animasi karena media ini terbukti
lebih berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan menulis kembali dongeng.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis kembali
dongeng siswa kelas VII SMP Darma Bakti Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016 dengan menggunakan media Animasi termasuk dalam kategori baik
dengan nilai rata-rata 75,07. Kemampuan menulis kembali dongeng siswa kelas
VII SMP Darma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan
menggunakan model ekspositori termasuk dalam kategori baik dengan nilai ratarata
70,5
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 205 |
Keywords: | Media; Animasi; Menulis; Dongeng |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:40 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21095 |