Nasution, Fitrah Nuraidillah (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO-TAYANGAN LAPTOP SI UNYIL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2101311002 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 2101311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM 2101311002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM 2101311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 2101311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
6. NIM 2101311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM 2101311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM 2101311002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 2101311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM 2101311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM 2101311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 38 Medan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video Tayangan Laptop Si Unyil terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa sebanyak 276 siswa. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah 40 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi berdasarkan topik yang telah ditentukan.
Dari hasil pengolahan data di lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 68,25 dan standar deviasi adalah 6,93. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 78,55 dan standar deviasi adalah 7,83. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 9,1 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 39. Pada tabel t dengan dk=39 diperoleh = 2,64. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika > yaitu 9,1 > 2,64, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video tayangan Laptop Si Unyil berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 207 |
Keywords: | Media Video Tayangan Laptop Si Unyil; Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:25 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21092 |