Zahirani, Ganiyus (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA TAMANSISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. Pernyataan.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
4. Abstrak.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. Daftar isi.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji kesalahan berbahasa Indonesia yang dilakukan dalam teks pidato siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 117 orang, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas X-1 sebanyak 29 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri. Ada 4 aspek yang dianalisis dari tulisan siswa, yaitu aspek kesalahan penggunaan struktur kalimat, bentuk kata, kata tugas, dan penggunaan EYD dalam menulis teks pidato.
Kesalahan berbahasa Indonesia yang dilakukan siswa dalam teks pidato siswa berjumlah 204 kesalahan dari totol 490 kalimat yang dihasilkan. Kesalahan itu terdiri dari 11 (2,39%) kesalahan penggunaan struktur kalimat, 40 (8,14%) kesalahan penggunaan bentuk kata, 54 (11,58%) kesalahan penggunaan kata tugas, dan 99 (21,36%) kesalahan penggunaan EYD. Dengan demikian jumlah kesalahan penggunaan alat kalimat mencapai 43,46%. Kesalahan yang paling banyak yang dilakukan siswa adalah penggunaan EYD yaitu 99 kesalahan (21,36%), disusul oleh penggunaan kata tugas 54 kesalahan (11,58%), kemudian kesalahan penggunaan bentuk kata 40 kesalahan (8,14%), dan tingkat kesalahan yang terkecil adalah penggunaan struktur kalimat 11 kesalahan (2,39%). Dengan demikian, perlu dilakukan perbaikan dari peningkatan pada proses pembelajaran mengenai alat kalimat ini.
Berdasarkan keempat aspek penilaian di atas, maka kesalahan berbahasa Indonesia dalam teks pidato yang dilakukan siswa kelas X SMA Tamansiswa tahun pembelajaran 2015/2016 berada pada kriteria D (kurang) degan tingkat kesalahan yang dilakukan mencapai 43,46%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 166 |
Keywords: | Analisis; Kesalahan Berbahasa; Menulis Teks Pidato |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:54 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21085 |