Haidah, Nur (2016) HUBUNGAN PENEMUAN SUMBER IDE MENULIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122111017_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 2122111017_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 2122111017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 2122111017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 2122111017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 2122111017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2122111017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2122111017_BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
12. NIM. 2122111017_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 2122111017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penemuan sumber ide
menulis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA
Negeri 1 Tebing Syahbandar tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini
berjumlah 113 siswa. Dari 113 siswa ditetapkan sampel sebanyak 38 siswa yang
diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskripsi korelasional. Data penemuan sumber ide menulis dijaring
dengan menggunakan angket sebanyak 15 item pernyataan dan 5 opsi jawaban. Data
kemampuan menulis paragraf argumentasi dijaring dengan menggunakan tes
perbuatan.
Dari pengolahan data diperoleh hasil angket penemuan sumber ide menulis dengan
rata-rata = 60,10 dan standar deviasi = 6,08. Pada hasil kemampuan menulis paragraf
argumentasi diperoleh rata-rata = 73,34 dan standar deviasi = 7,21. Dari uji
normalitas data penemuan sumber ide menulis dan kemampuan menulis paragraf
argumentasi berdistribusi normal. Selanjutnya, pada uji homogenitas penelitian
tersebut juga dinyatakan homogen kemudian pada uji linieritas data penelitian
tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji persyaratan, yaitu uji
normalitas, homogenitas dan linieritas maka dilakukan uji hipotesis. Untuk
mengetahui tingkat hubungan variabel X dan Y digunakan rumus product moment.
Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka hubungan antara penemuan sumber ide
menulis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi diperoleh = 0,410
yang lebih besar dari = 0,320 pada taraf signifikan = 0,05. Maka
> ( 0,410 > 0,320 ) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penemuan sumber ide
menulis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelasa X SMA
Negeri 1 Tebing Syahbandar tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 152 |
Keywords: | Penemuan sumber ide menulis; Kemampuan menulis paragraf argumenrasi; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:45 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21083 |