Siagian, Rita Irmaya Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123311072 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
02 NIM 2123311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
03 NIM 2123311072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
04 NIM 2123311072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
05 NIM 2123311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06 NIM 2123311072 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
07 NIM 2123311072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
08 NIM 2123311072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
12 NIM 2123311072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13 NIM 2123311072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan menyunting teks
prosedur kompleks siswa sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran discovery learning serta memperoleh pengaruh yang diberikan
model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan. Lalu dipilih sampel
penelitian sebagai perwakilan yang diambil menggunakan teknik random
sampling. Maka terpilihlah kelas X 1PA-4 yang berjumlah 40 orang sebagai
sampel penelitian. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test-Post-Test design. Hasil
yang diperoleh siswa adalah berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan
untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menyunting teks prosedur
kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu
memperoleh nilai rata-rata 63,5 dan termasuk dalam kategori cukup. Lalu posttest
dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model
pembelajaran discovery learning, yaitu memperoleh nilai rata-rata 77,0 dan
termasuk dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh
yaitu 9,31 > 2,02 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif (
diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning
terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyunting
teks prosedur kompleks pada siswa kelas X MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 199 |
Keywords: | Discovery Learning; Menyunting; Teks Prosedur Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:15 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21078 |