Sembiring, Clara Ages Delanda (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064978 MEDAN DENAI. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8126181002 JUDUL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2 NIM. 8126181002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3 NIM. 8126181002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4 NIM. 8126181002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5 NIM. 8126181002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6 NIM. 8126181002 DAFTAR tabel.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7 NIM. 8126181002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8 NIM. 8126181002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9 NIM. 8126181002 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
13 NIM. 8126181002 BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14 NIM. 8126181002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran PKn bersifat abstrak membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, maka diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sehingga hasil belajar PKn siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; (2) Hasil belajar PKn siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; dan (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai. Penelitian berbentuk Quasi Experiment dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis varians dan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; (2) Hasil belajar PKn siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sem p |
Keywords: | Hasil belajar; Motivasi belajar; Pembelajaran berbasis masalah; PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 03:12 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21052 |