Hutami, Ridha (2016) PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN OPEN ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA SD NEGERI 104233 BANDAR LABUHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182035_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8146182035_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. NIM. 8146182035_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 8146182035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 8146182035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 8146182035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8146182035_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8146182035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146182035_BAB I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
13. NIM. 8146182035_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 8146182035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pendekatan pembelajaran PMR dan OE terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR dan OE; (3) pengaruh pendekatan pembelajaran PMR dan OE terhadap Self Efficacy siswa. Penelitian berbentuk Pre-Experimental Design dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket self efficacy Analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruh PMR lebih baik dibandingkan OE terhadap kemampuan pemecahan masalah, hal ini berdasarkan thitung (=2,167) lebih besar dari ttabel (=1,671); (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari OE, hal ini berdasarkan gain score dan karakteristik pendekatan. PMR menggunakan masalah kontekstual berbentuk cerita; (3) Pengaruh PMR lebih baik dibandingkan OE terhadap Self Efficacy , hal ini berdasarkan thitung (=1,716) lebih besar dari ttabel (=1,671).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Hut p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Self efficacy; Open ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 04:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21022 |