LANGKAH PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN

Matondang, Zulkifli (2008) LANGKAH PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Tabularasa, 5 (2). pp. 169-182. ISSN 1693-7732

[thumbnail of TABULARASA VOL 05 NO 2 DES 2008Zulkifli Matondang.pdf]
Preview
Text
TABULARASA VOL 05 NO 2 DES 2008Zulkifli Matondang.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian adalah suatu proses sistematis yaitu pengumpulan informasi, menganalisis, dan menginterpretasi informasi untuk membuat keputusan. Penilaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran dapat dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi yang membuat satu ranah atau lebih. Dengan indikator-indikator ini, dapat ditentukan jenis penilaian yang sesuai. Ada enam teknik yang dapat digunakan dalam penelitian autentik yaitu: penilaian untuk kerja, penilaian sikap, penilaian proyek, penilaian produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Tidak ada satu jenis instrumen yang dapat mengumpulkan informasi prestasi dan kemajuan belajar peserta didik secara lengkap. Penilaian tunggal tidak cukup untuk memberikan gambaran/informasi tentang kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan sikap seseorang. Kemudian interpretasi hasil tes tidak mutlak dan abadi karena anak terus, berkembang sesuai dengan pengalaman belajar yang dialaminya.

Item Type: Article
Keywords: pengembangan instrumen; authentic assessment; pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Mar 2016 09:12
Last Modified: 29 Mar 2016 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item
View Item