Matondang, Zulkifli (2008) LANGKAH PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Tabularasa, 5 (2). pp. 169-182. ISSN 1693-7732
TABULARASA VOL 05 NO 2 DES 2008Zulkifli Matondang.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penilaian adalah suatu proses sistematis yaitu pengumpulan informasi, menganalisis, dan menginterpretasi informasi untuk membuat keputusan. Penilaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran dapat dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi yang membuat satu ranah atau lebih. Dengan indikator-indikator ini, dapat ditentukan jenis penilaian yang sesuai. Ada enam teknik yang dapat digunakan dalam penelitian autentik yaitu: penilaian untuk kerja, penilaian sikap, penilaian proyek, penilaian produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Tidak ada satu jenis instrumen yang dapat mengumpulkan informasi prestasi dan kemajuan belajar peserta didik secara lengkap. Penilaian tunggal tidak cukup untuk memberikan gambaran/informasi tentang kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan sikap seseorang. Kemudian interpretasi hasil tes tidak mutlak dan abadi karena anak terus, berkembang sesuai dengan pengalaman belajar yang dialaminya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | pengembangan instrumen; authentic assessment; pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 09:12 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/210 |