Juniar, Eli (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DELISERDANG MEDAN SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER (JUDUL).pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. ABSTRACT (ABSTRAK).pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. BAB I .pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) bertujuan mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural relevan digunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, bagaimana pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, dan mengetahui alasan mengapa dalam pembelajaran sastra kelas VII SMP Chandra Kusuma menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagrajan dan Semmel. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun dalam penelitian ini pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural. Pada tahap penyebaran dilakukan secara terbatas di sekolah Chandra Kusuma melalui beberapa validasi dari para validator. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A, B dan C SMP Chandra Kusuma dengan uji coba terbatas dan diperluas dari kelompok kecil dan kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah angket, wawancara, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes. Alat pengumpul data berupa angket menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif.
Hasil uji coba penelitian ini diperoleh kualitas desain pembelajaran dari teman sejawat bernilai 66,79% berada pada rentang skor 55% ≤X≤ 75% dengan kriteria Baik (B). Untuk motivasi siswa diperoleh skor sebesar 80,39% dengan kriteria Sangat Baik (SB). aktivitas siswa selama proses pembelajaran dapat dilihat dalam bentuk tabel dan grafik yang disajikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan ini layak digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Eli p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pendidikan multikultural; Bahasa dan sastra indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20948 |