Ningsih, Nur Annisa Widya (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123311037 COVER.PDF - Published Version
Download (72kB) | Preview
2 NIM 4123311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3 NIM 4123311037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4 NIM 4123311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 4123311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6 NIM 4123311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7 NIM 4123311037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4123311037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4123311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10 NIM 4123311037 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14 NIM 4123311037 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15 NIM 4123311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran
kooperatif tipe STAD menggunakan Software Geogebra dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di
kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 27
Medan yang berjumlah 40 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan
pembelajaran kooperatif STAD menggunakan Software Geogebra untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 27
Medan T.A 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes
dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas
2 siklus, masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Sebelum memberikan
tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes
kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan
hasil tes awal sampai tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 1 dari
40 orang siswa (2,5%) dengan nilai rata-rata kelas 41,12. Hasil analisis data pada
siklus I setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD
menggunakan Software Geogebra menunjukkan jumlah siswa yang mencapai
ketuntasan belajar adalah 8 orang siswa (20%) dengan rata-rata kelas 52,02. Hasil
analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 31 orang siswa (77,50%) dengan
rata-rata kelas 82,33. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka
pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran
kooperati STAD menggunakan Software Geogebra dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di
kelas VII SMP Negeri 27 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 140 |
Keywords: | Media Pembelajaran Matematika;Softwere Geogebra; Bangun Datar Segiempat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:53 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20905 |