Tumanggor, Hotdita Pratiwi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123111030 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2 NIM 4123111030 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5 NIM 4123111030 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM 4123111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5 NIM 4123111030 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6 NIM 4123111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7 NIM 4123111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8 NIM 4123111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9 NIM 4123111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10 NIM 4123111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14 NIM 4123111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
15 NIM 4123111030 DAFTAR PUSTAK1.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3 NIM 4123111030 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui strategi penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier di kelas X SMA Negeri 2 Sidikalang, (2)Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas X SMA Negeri 2 Sidikalang setelah diterapkannya model kooperatif tipe Jigsaw pada materi sistem persamaan linier
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 2 Sidikalang T.P 2016/2017 yang berjumlah 36 orang siswa dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw di kelas X SMA Negeri 2 Sidikalang T.A 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap akhir pertemuan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian dari 36 orang siswa diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada tes awal adalah 50,55; rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa I adalah 56,02; dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa II adalah 73,86.
Dari perolehan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel dan tiga variabel di kelas X-5 SMA Negeri 2 Sidikalang T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 156 |
Keywords: | Pembelajaran Matematika;Sistem Persamaan lenier; Model Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20896 |