Ainun, Nur (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)DIKELAS IXSMPYAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAHMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311036 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4123311036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4123311036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM 4123311036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4123311036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4123311036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4123311036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4123311036 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4123311036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM 4123311036 BAB 1.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
14. NIM 4123311036 BAB 5.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. NIM 4123311036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi matematik siswa dan cara mengatasinya melalui strategi pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas IX-B SMP Yayasan Perguruan Al-
Hidayah Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes
kemampuan komunikasi matematik, lembar observasi, dan wawancara. Penelitian
ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan
komunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke
validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi TTW
pada pokok bahasan Tabung dan Kerucut dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan
diberikan, pada pemberian tes diagnostik dari 30 siswa hanya sebanyak 5 siswa
(16,67%) yang mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 45,29. Setelah
diberi tindakan, Tes Kemampuan Komunikasi Matematik I pada siklus I, dari 30
siswa sebanyak 15 siswa (50%) mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas
62,31. Dari analisis data Tes Kemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II
diperoleh bahwa dari 30 siswa terdapat 26 siswa (92,5%) yang mencapai nilai
70 dengan nilai rata-rata kelas 76,76.
Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan
peneliti pada siklus I, termasuk kategori baik dengan skor 2,98. Kemudian, pada
siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori
sangat baik dengan skor 3,48.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi
pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan komunikasi
matematik siswa pada materi Tabung dan Kerucut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 163 |
Keywords: | Komunikasi Matematika; Tabung dan Kerucut; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 07:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20858 |