PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING PADA SUB MATERI TURUNAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN

Rachmadi, Ody (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING PADA SUB MATERI TURUNAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122111012 - COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122111012 - COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122111012 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122111012 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122111012 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122111012 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122111012- KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122111012- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122111012 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122111012 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122111012 - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122111012 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122111012 - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122111012 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122111012 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122111012 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4122111012 - BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4122111012 - BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122111012 - BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122111012 - BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4122111012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4122111012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122111012 - RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122111012 - RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Snowball
Throwing lebih baik daripada model kooperatif tipe Snowball Drilling pada sub
materi Turunan di SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan ini dengan
populasi yang terdiri dari lima kelas XII-IPA. Sampel yang diambil dalam
penelitian ini diambil dengan teknik sampling acak sederhana dan pemilihan kelas
dilakukan secara random, maka terpilih kelas XII IPA-2 sebagai Kelas
Eksperimen Snowball Throwing dengan 40 siswa dan kelas XII IPA-5 sebagai
kelas Eksperimen Snowball Drillingdengan 40 siswa. Penelitian ini menggunakan
dua buah instrumen yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Instrumen tes
tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yang
berasal dari dua validator merupakan dosen dan seorang validator merupakan guru
matematika dan telah dinyatakan valid. Dari penelitian yang dilakukan, data yang
didapat telah diuji normalitas datanya dengan uji Liliefors dan uji F dan
dinyatakan sebaran data berdistribusi normal dan sampel data yang diambil dapat
mewakili populasi yang ada atau dikatakan homogen. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata posttest kelas Eksperimen Snowball Throwing sebesar
78,25 dan kelas Eksperimen Snowball Drilling sebesar 70,90. Dari hasil uji
hipotesis posttest diperoleh t hitung> t tabel ( 1,901 > 1,665) dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik
daripada Snowball Drilling pada sub materi Turunan di SMA Negeri 11 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 159
Keywords: Hasil belajar; Snowball Throwing; Snowball Drilling; Turunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:04
Last Modified: 25 Oct 2016 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20852

Actions (login required)

View Item
View Item