Khairani, Rizqi (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4121131022 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2 NIM 4121131022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4 NIM 4121131022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5 NIM 4121131022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6 NIM 4121131022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 4121131022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4121131022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9 NIM 4121131022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10 NIM 4121131022 BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14 NIM 4121131022 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
15 NIM 4121131022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3 NIM 4121131022 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum
yang standar untuk siswa kelas XI SMA/MA semester I pada materi
kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum
kimia SMA yang beredar disekolah, seluruh guru kimia di MAN Pematangsiantar,
seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI di
MAN Pematangsiantar. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and
research). Langkah penelitian meliputi : a) Analisis penuntun praktikum yang
dipergunakan dikelas XI semester I; b) Pengembangan penuntun praktikum untuk
materi kesetimbangan kimia; c) Validasi penuntun praktikum oleh dosen, guru
dan siswa; d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum dalam pembelajaran
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA
semester I pada materi kesetimbangan kimia telah layak/standar sesuai dengan
BSNP. Penuntun praktikum untuk materi kesetimbangan kimia terdiri dari
percobaan pengaruh konsentrasi pada reaksi kesetimbangan, pengaruh suhu pada
reaksi kesetimbangan, dan pengaruh tekanan/volume pada reaksi kesetimbangan.
Standarisasi penuntun praktikum yang dilakukan oleh dosen dan guru
memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum yang telah
dikembangkan yang terdiri dari 3 komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan
bahasa, dan kelayakan penyajian dengan nilai rata-rata dari dosen sebesar 3,40
adalah valid dan tidak perlu direvisi dan nilai rata-rata guru sebesar 3,62 adalah
valid dan tidak perlu direvisi. Uji coba dilakukan pada percobaan pengaruh suhu
pada reaksi kesetimbangan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa implementasi
penuntun praktikum yang telah dikembangkan memberikan hasil pemahaman
siswa MAN Pematangsiantar sangat tinggi pada percobaan kesetimbangan kimia
dengan nilai pretest sebesar 42,83 sedangkan untuk postest sebesar 85,66. Itu
menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan
layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 146 |
Keywords: | Analisis dan Pengembangan; Penuntun Praktikum Kimia; Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 01:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20798 |