Saragih, Resti (2014) PENINGKATANKETERAMPILAN BERBICARA SAPAAN FORMAL BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20 (01). 01-07. ISSN 0852-0151
Fulltext.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara sapaan formal Bahasa Jerman siswa dengan menggunakan Metode Role Play di Kelas X SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah Penggunaan Metode Role Play untuk meningkatkan keterampilan siswa berbicara Bahasa Jerman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk dialog dan observasi untuk melihat keterampilan berbicara siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis data diperoleh tes sebelum penggunaan Metode Role Play dengan nilai rata-rata 36,64, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 62,88. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 74,28 atau mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi aktivitas belajar siswa didapat peningkatan dengan skor rata-rata 1,8 pada siklus I menjadi 2,8 pada siklus II. Karena keterampilan berbicara siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal maka pembelajaran dihentikan sampai siklus II. Penerapan Metode Role Play dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada KD Sapaan Formal Pelajaran Bahasa Jerman di Kelas X SMA Negeri 11 Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Keterampilan berbicara; Sapaan formal; Role play; Metode belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PD Germanic languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 09:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20777 |