Siregar, Melinda (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123331027_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4123331027_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 4123331027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4123331027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 4123331027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 4123331027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123331027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4123331027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 4123331027_BAB I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM. 4123331027_BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 4123331027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum
yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester II pada materi larutan
elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun
praaktikum kimia SMA yang beredar disekolah, seluruh guru kimia di Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Pematangsiantar, seluruh dosen kimia di Universitas
Negeri Medan dan seluruh siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Pematangsiantar. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Penelitian
ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research).
Langkah penelitian meliputi : a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan
dikelas X semester II; b) Pengembangan penuntun praktikum untuk materi larutan
elektrolit dan non elektrolit; c) Validasi penuntun praktikum oleh dosen, guru dan
siswa; d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum dalam pembelajaran untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penuntun praktikum yang telah dikembangkan untuk siswa kelas X MAN
semester II pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit telah layak/standar
sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum untuk materi larutan elektrolit dan non
elektrolit terdiri dari percobaan mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan
non elektrolit dan mengelompokkan larutan kedalam elektrolit kuat dan lemah.
Standarisasi penuntun praktikum yang dilakukan oleh guru dan dosen
memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum yang telah
dikembangkan yang terdiri dari 3 komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan
bahasa, dan kelayakan penyajian dengan nilai rata-rata dari dosen sebesar 3,53
adalah valid dan tidak perlu direvisi dan nilai rata-rata dari guru sebesar 3,76
adalah valid dan tidak perlu direvisi. Uji coba dilakukan pada percobaan
mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dan
mengelompokkan larutan kedalam elektrolit kuat dan lemah. Hasil uji coba
menunjukkan bahwa implementasi penuntun praktikum yang telah dikembangkan
memberikan hasil pemahaman siswa pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sangat
tinggi pada percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit dengan nilai pretest
sebesar 55,833 sedangkan untuk postest sebesar 86. Itu menunjukkan bahwa
penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk
pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 120 |
Keywords: | Analisis dan Pengembangan; Penuntun Praktikum Kimia; Larutan Elektrolit dan non Elektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 04:28 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20758 |