Rangkuti, Nila Sari (2016) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT YANG DILENGKAPI MEDIA WORKSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331031 COVER SKRIPSI .pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2 NIM 4123331031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3 NIM 4123331031 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4 NIM 4123331031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5 NIM 4123331031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6 NIM 4123331031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 4123331031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 4123331031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9 NIM 4123331031 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13 NIM 4123331031 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14 NIM 4123331031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan media Worksheet pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kartika I-2 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi media worksheet dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,856. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen Idan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,65 > 1,9968, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media worksheet lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media worksheet pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di kelas XI IPA SMA KARTIKA I-2 Medan yaitu 84,56% > 73,47%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 182 |
Keywords: | Think Pair Share; Numbered Head Together; Media Worksheet; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 03:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20748 |