Siregar, Nobelia L.M. (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR ATOM BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131066 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4123131066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM 4123131066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 4123131066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM 4123131066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 4123131066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4123131066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4123131066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM 4123131066 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
14. NIM 4123131066 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM 4123131066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM 4123131066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilakukan di SMA Parulian 1 Medan, bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi struktur atom. Penelitian ini diawali dengan menganalisis tiga buku pelajaran kimia kelas X pada materi struktur atom, yang meliputi satu buku kimia yang digunakan di tempat penelitian dan dua buku yang lain. Setelah dianalisis, maka dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual. Pengembangan yang dilakukan dengan melihat kekurangan dan kelebihan dan masing-masing buku dan menambahkan aspek kontekstual di dalam bahan ajar yang dikembangkan. Setelah dikembangkan maka diberikan kepada empat responden yang meliputi tiga orang dosen kimia FMIPA Unimed dan satu orang guru mata pelajaran kimia SMA Parulian 1 Medan untuk menilai kevalidan dari bahan ajar. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada standar BSNP, dengan hasil kelayakan isi 3,44, kelayakan bahasa 3,56 , kelayakan penyajian 3,49, kelayakan kegrafikan 3,55 dan aspek kontekstual 3,42 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi sehingga bahan ajar dapat diimplementasikan. Bahan ajar tersebut diimplementasikan kepada siswa. Dengan populasi kelas X ada tiga kelas dan jumlah siswa 93 orang. Satu kelas sebagai sampel yang terpilih adalah kelas X-B, dipilih secara sampling random cluster . Sebelum dilakukan penelitian, uji instrumen tes dilakukan terlebih dahulu sehingga didapatkan 18 soal yang valid. Soal yang telah valid diujikan ke siswa didapat rata-rata nilai postes 29,08 dan rata-rata nilai postes adalah 86,15. Hasil uji hipotesis yakni uji pihak kanan, ttabel didapat dari tabel t, dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 224 |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Kontekstual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 02:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20741 |