Astuti, Emilia Widia (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PENGAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331009 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4123331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM 4123331009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. NIM 4123331009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM 4123331009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM 4123331009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4123331009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 4123331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM 4123331009 BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
14. NIM 4123331009 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 4123331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM 4123331009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis web untuk pengajaran sistem periodik unsur di universitas dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan (Unimed) terhadap empat dosen ahli dan dua puluh mahasiswa jurusan kimia Unimed dengan mengisi angket penilaian bahan ajar inovatif berdasarkan standar kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, angket penilaian komponen inovatif (metode, media, dan kegiatan laboratorium), dan angket penilaian website. Dalam bahan ajar inovatif dan interaktif ini, terlebih dahulu dilakukan identifikasi lima buku kimia dasar universitas kemudian menganalisis urutan materi yang akan diintegrasikan berdasarkan SK dan KD Silabus Unimed dan perluasan materi lainnya. Dan dilakukan analisis terhadap lima buku yang telah diidentifikasi kemudian pengembangan bahan ajar diintegrasikan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi sistem periodik unsur di universitas, dan selanjutkan bahan ajar tersebut didesain dalam sistem website dengan alamat sistemperiodikunsur.twomini.com. Kemudian bahan ajar distandarisasi oleh dosen dan mahasiswa untuk mengetahui apakah bahan ajar valid atau tidak valid. Berdasarkan penilaian, nilai bahan ajar pada kisaran 3,26-4,00, tepatnya pada angka 3,56 yang berarti bahan ajar valid, tidak perlu revisi dan layak digunakan. Dengan melihat hasil standarisasi bahan ajar, maka bahan ajar inovatif dan interaktif untuk pengajaran sistem periodik unsur yang berbentuk electronic book (e-book) dan berbasis website ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan baik dosen maupun mahasiswa yang mengajar dan mempelajari kimia dasar universitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 176 |
Keywords: | Pengembangan; inovatif; interaktif;Sistem periodik unsur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 02:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20740 |