Ulfa, Fauziah (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN ALKENA DAN ALKUNA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1)SAMPUL.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
(2)LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
(3)ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
(5)KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
(6)DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
(7)DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
(8)DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
(9)DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
(10)BAB I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
(14)BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
(15)DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
(4)RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penerapan model pembelajaran dan pengembangan bahan ajar ini
bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan memenuhi kriteria BSNP,
dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar
modul berbasis proyek pada pokok bahasan alkena dan alkuna. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Medan yang
terdiri dari 6 kelas dengan rata – rata siswa per kelas sebanyak 40 orang. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yakni satu kelas
sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Sampel siswa
diambil 20 orang siswa per kelas yang dipilih secara acak. Pada kelas eksperimen
dibelajarkan model Project Based Learning menggunakan bahan ajar modul
berbasis proyek dan pada kelas kontrol dibelajarkan model Project Based
Learning tanpa menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian BSNP (Badan Standar
nasional Pendidikan) yang akan dibagikan kepada 1 guru kimia dan 3dosen kimia,
dan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabel.
Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar kedua kelompok sampel diuji
homogenitas dengan menggunakan uji Levene Test pada program SPSS-20 for
windows. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data
yang diperoleh Dosen: Kelayakan Isi = 3.93; Kelayakan Bahasa = 4.12;
Kelayakan Penyajian = 4.16; Kelayakan Kegrafikan = 4.18 dengan kriteria valid
dan tidak perlu revisi dan Guru: Kelayakan Isi = 4.54; Kelayakan Bahasa = 4.21;
Kelayakan Penyajian = 4.48; Kelayakan Kegrafikan = 4.34 dengan kriteria sangat
valid dan tidak perlu revisi. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa
kedua kelompok sampel berdistribusi homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji Independent Sample T-Test yaitu uji t pihak kanan. Berdasarkan
uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan
hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar modul berbasis
proyek pada pokok bahasan alkena dan alkuna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 171 |
Keywords: | Pengembangan;Alkena dan Alkuna; Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20731 |